Prosedur Refund
Refund dapat dilakukan atas persetujuan oleh penjual dan pembeli jika pembeli telah membayar biaya pembelian barang tetapi stok barang tidak tersedia atau barang yang tersedia rusak. Refund dapat diajukan sebelum pembayaran dikonfirmasi dan tidak dapat dilakukan jika barang yang dibeli telah dikirim ke pembeli.Kebijakan Refund
Pembeli yang mengajukan refund diwajibkan untuk mengisi formulir refund yang telah disediakan untuk proses administrasi dan verifikasi data. Biaya pajak refund seluruhnya akan ditanggung oleh pembeli.Proses Refund
Nota refund akan dibuat untuk pencatatan administratif dengan prosedur sebagai berikut: Admin Transaksi melakukan verifikasi data pengajuan refund pada formulir yang telah diisi oleh pemohon/pembeli. Jika proses refund barang telah di-verifikasi dan disetujui oleh Admin Transaksi, pembeli dimohon untuk menunggu dana refund dikirimkan ke rekening pembeli maksimal 2 x 24 jam sejak Admin Transaksi menyetujui permohonan refund. Admin Transaksi akan meneruskan proses refund ke bagian Finance untuk kepentingan proses transfer dana refund Bagian Finance akan mengirimkan dana refund sejumlah dana pembelian dikurangi dengan pajak yang dikenakan ke rekening tujuan sesuai yang diisikan oleh pemohon/pembeli saat mengisi formulir pengajuan refund.Prosedur Retur
Barang yang telah diserah terimakan kepada pembeli dapat dilakukan penukaran atau pengembalian. Hal tersebut terjadi karena barang tersebut tidak sesuai dengan pesanan, terjadi kerusakan, atau sebab lainnya yang disetujui oleh penjual dan pembeli atas pengembalian barang tersebut.Kebijakan Retur Barang
Pembeli yang mengajukan retur barang diwajibkan untuk mengisi formulir retur barang yang telah disediakan untuk proses administrasi dan verifikasi data.Batas maksimal melakukan retur barang adalah dalam jangka 30 hari sejak tanggal pembelian yang tertera pada nota.
Barang dapat dikembalikan dalam jangka waktu paling lama 30 hari sejak tanggal terbit nota.
Barang bisa ditukarkan dengan barang yang harganya lebih tinggi dengan membayar selisih harga, atau dengan barang yang harganya lebih rendah dengan catatan selisih harga barang tidak mendapatkan penggantian uang tunai.
Alasan retur produk meliputi:
Produk yang rusak berkaitang dengan kualitas dan karena masalah produksi, terjadi perubahan fisik, dan terjadi perubahan bentuk.Terjadi kerusakan pada kemasan. Kemasan pecah, sobek, dan menggelembung.
Barang yang boleh ditukarkan harus memenuhi syarat dan ketentukan sebagai berikut:
Kondisi barang yang ditukarkan sesuai dengan jumlah barang yang ada di nota
Kualitas barang yang ditukarkan masih sangat baik, segel belum terbuka, dan masih sama seperti saat penjualan terjadi.
Proses Retur
Nota retur barang akan dibuat untuk pencatatan administratif dengan prosedur sebagai berikut:Admin Transaksi melakukan verifikasi data pengajuan retur barang pada formulir yang telah diisi oleh pemohon/pembeli.
Jika proses retur barang telah di-verifikasi dan disetujui oleh Admin Transaksi, pembeli wajib mengirimkan barang yang ingin di-retur paling lambat 10 hari sejak Admin Verifikasi menyetujui permohonan retur barang.
Admin Transaksi menerima bukti-bukti retur barang dilengkapi:
Barang sesuai dengan nota pembelianSurat tanda terima retur barang (jika diperlukan)
Surat pernyataan alasan retur barang (jika diperlukan)
Admin Transaksi membuat nota retur dengan perincian nota penjualan yang dinota retur- kan.
Admin Transaksi melakukan verifikasi nota penjualan yang akan di-retur
Admin Transaksi mengkonfirmasi retur barang dan meminta bagian Supply Chain untuk memeriksa kesediaan barang terlebih dahulu.
Jika stok barang yang akan di-retur tidak ada, maka akan diberlakukan prosedur refund barang.
Jika stok barang yang akan di-retur tersedia, maka barang akan dikemas dan dikirimkan ke pembeli.
Syarat pengiriman barang yang di-retur meliputi:
Jumlah barang sesuai dengan yang ada di nota returSpesifikasi barang sesuai dengan yang ada di nota retur
*** Refund dan Retur dapat di eksekusi dengan persetujan Customer Service Numedika.