Tidak Hanya Baik untuk Anak-Anak, Ini Berbagai Manfaat Tidur Siang untuk Orang Dewasa Numedika.id

Tidak Hanya Baik untuk Anak-Anak, Ini Berbagai Manfaat Tidur Siang untuk Orang Dewasa

Article Image Numedika

Padatnya aktifitas sehari-hari biasanya menjadikan seseorang melewatkan waktu tidur siang. Padahal, tidur siang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat tidur siang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, namun juga bisa memulihkan seseorang dari stress. Berikut ulasan terkait manfaat tidur siang.

 

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat dan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

 

Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian mengatakan manfaat tidur siang salah satunya adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Terutama bagi orang dengan kecenderungan genetik penyakit jantung. Itu karena waktu tidur yang cukup dapat meminimalisasi risiko serangan jantung pada seseorang. Tidur siang selama 30 menit sehari juga dapat mencegah seseorang dari penyakit jantung koroner.

 

Manfaat tidur siang tidak hanya untuk anak-anak namun juga bagi orang dewasa. Tidur siang yang cukup dapat memulihkan energi, meningkatkan kewaspadaan hingga menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat tidur siang ternyata juga bisa untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Antara lain menekan stress, meningkatkan suasana hati agar lebih baik, hingga meningkatkan daya ingat seseorang.

 

Dengan tidur siang, otomatis akan menambah jam tidur seseorang, dengan begitu maka organ-organ penting didalam tubuh memiliki waktu yang pas untuk beristirahat.

 

Baca juga: Bukan Sekadar Olahraga, Berikut Berbagai Manfaat dari Bersepeda

 

Jam Tidur Siang yang Baik

Manfaat tidur siang bisa didapatkan jika dilakukan di waktu yang tepat. Jam tidur siang yang baik adalah yang tidak terlalu lama, yakni sekitar 20-30 menit. Yakni sekitar pukul 2-3 siang. Jam tidur siang yang terlalu lama malah dapat mengurangi manfaat tidur siang itu sendiri, salah satunya karena dapat mengganggu waktu tidur malam. Untuk itulah jam tidur siang tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

 

Jika jam tidur siang dilakukan terlalu lama, juga bisa memicu kelelahan dan rasa pusing saat bangun. Sebaliknya, jam tidur siang yang terlalu singkat bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang bersemangat, rasa lelah dan pusing, dan kembali mengantuk.

 

Meski begitu, anak-anak dan orang dewasa memiliki variasi jam tidur siang yang berbeda. Untuk anak-anak usia 0-6 bulan, anjurannya adalah 2-3 kali sehari dengan masing-masing durasinya yakni 30 menit-2 jam. Sedangkan untuk anak-anak usia 6-12 bulan, jam tidur siangnya adalah 2 kali sehari dengan masing-masing durasi 20 menit-beberapa jam. Selanjutnya untuk anak usia 1-3 tahun, jam tidur siangnya adalah 1-3 jam sehari. Anak-anak berusia 3-5 tahun anjurannya adalah 1-2 jam sehari. Sementara itu, untuk anak-anak usia 5-12 tahun tidak harus melakukan tidur siang jika tidur malamnya telah mencapai 10-11 jam.

 

Begitu juga bagi orang dewasa, jika jam tidur malamnya telah mencapai 8 jam sehari dan memiliki tidur yang berkaulitas maka tidak harus melakukan tidur siang. Namun jika jam tidur malam dirasa kurang, maka bisa mendapatkan manfaat tidur siang dengan durasi 20-30 menit.

 

Baca juga: Begini Tata Cara Mengikuti Program Vaksin Gotong Royong

 

Pengaruh Tidur Siang untuk Tubuh Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidur siang dengan jam dan waktu yang tepat dapat memberikan pengaruh yang baik untuk tubuh, begitu juga sebaliknya. Dengan tidur siang, seseorang bisa mengganti waktu tidur malam yang tidak berkualitas atau jam tidur yang kurang. Hal itu berguna untuk memulihkan energi usai beraktifitas. Pengaruh tidur siang untuk kesehatan tubuh juga bisa didapatkan seseorang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Dengan tidur siang, risiko terjadinya hipertensi bisa diminimalisasi. Itu karena tidur siang bisa mengurangi hormon stress kortisol. Hormol tersebut adalah salah satu penyebab terjadinya tekanan darah meningkat pada tubuh seseorang.

 

Baca juga: Simak Perbedaan Air Humidifier, Diffuser, dan Purifier yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 

 

Sumber

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4711100/apa-benar-tidur-siang-bermanfaat-bagi-kesehatan

https://health.kompas.com/read/2020/07/08/120900368/jangan-keliru-ini-durasi-tidur-siang-yang-paling-baik-untuk-kesehatan?page=all