Manfaat dan Efek Samping Saat Mengonsumsi Minuman Bersoda Numedika.id

Manfaat dan Efek Samping Saat Mengonsumsi Minuman Bersoda

Article Image Numedika

Minuman bersoda menjadi salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata minuman bersoda memiliki manfaat jika diminum dengan tidak berlebihan atau terlalu sering. Lalu apa saja menfaat minuman bersoda untuk kesehatan? Berikut sejumlah manfaat minuman bersoda:

 

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Minum Air Putih yang Cukup? Ini Dia Penjelasannya!

 

Manfaat Soda bagi Kesehatan Tubuh

 

Minuman bersoda memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat soda adalah bisa membantu meredakan sakit perut akibat masalah pencernaan. Manfaat soda lainnya juga bisa menurunkan rasa mual dan konstipasi. Minuman bersoda atau air karbonasi dengan kandungan karbon dioksida terbukti bisa mengurangi gangguan pencernaan bagi yang meminumnya. Salah satu masalah pencernaan yang bisa diminimalisasi dengan minuman bersoda adalah sembelit atau kesulitan buang air besar.

 

Sebagai minuman yang menyegarkan, selain dapat menghidrasi tubuh, manfaat soda ternyata juga bisa untuk mengurangi sakit kepala. Itu karena kandungan kafein dalam minuman bersoda berfungsi untuk merangsang sistem saraf pusat, memperbaiki mood, serta mengurangi sakit kepala. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman bersoda juga dipercaya mampu menghancurkan lemak di hati seseorang.

 

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat atau tidak berlebih, manfaat soda yakni dapat membantu mencegah terjadinya kram otot. Itu karena minuman bersoda umumnya mengandung natrium. Natrium sendiri bermanfaat dalam mencegah kram otot, menurunkan tekanan darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, kandungan dalam minuman soda dipercaya dapat mencegah komplikasi asam urat pada tubuh.

 

Hal itu bisa terjadi karena soda bersifat basa akan bereaksi dengan asam pada penyakit asam urat. Lalu reaksi itu akan menghasilkan garam. Adanya penumpukan kristal asam urat yang diubah menjadi garam akan dikeluarkan dari tubuh melalui feses atau kotoran. Garam pada tersebut juga akan membuat senyawa asam menjadi lebih netral.

 

Baca juga: Yuk Rajin Makan Sayur dan Rasakan 5 Manfaat Ini!

 

Efek Samping Mengonsumsi Minuman Bersoda

 

Meski memiliki berbagai manfaat, namun jika diminum terlalu sering, minuman bersoda bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh. Yang pertama adalah dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Sehingga berpengaruh pada perkembangan diabetes. Efek samping minum soda ini bisa terjadi jika seseorang meminum minuman bersoda setiap hari.

 

Efek samping minum soda selanjutnya adalah bisa meningkatkan risiko obesitas pada seseorang. Itu juga karena kandungan gula yang tinggi dalam minuman soda. Jika diminum terlalu sering, selain obesitas, efek samping minum soda juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

 

Kandungan senyawa fosfat yang tinggi, menyebabkan minuman bersoda dapat memiliki efek samping menurunkan kualitas tulang. Selain itu, karena tidak memiliki kandungan kalsium, efek samping minum soda dalam merusak kesehatan tulang menjadi tinggi. Itu karena ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak foster dari pada kalsium, maka kesehatan tulang tidak bisa terjaga.

 

Untuk itulah sebaiknya minuman soda tidak banyak dikonsumsi oleh anak-anak maupun remaja, karena pada mas tersbeut, tulang seseorang sedang terbangun.

 

Selanjutnya, efek samping minum soda adalah menyebabkan kerusakan pada gigi bagi yang sering mengonsumsinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Selain glukosa, minuman bersoda juga mengandung fruktosa yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang serta merusak enamel gigi serta mulut.

 

Untuk mengurangi efek samping minum soda pada kesehatan gigi tersebut, sebaiknya segera menyikat gigi usai megonsumsi minuman bersoda. Menyikat gigi bisa bermanfaat mengurangi kandungan glukosa dan fruktosa yang menempel pada gigi, gusi, dan mulut.

 

Efek samping minum soda yang berlebih selanjutnya adalah dapat mengganggu kinerja otak. Kandungan pemanis buatan yang banyak ditemukan pada minuman bersoda biasanya mengandung fenilanin. Fenilanin ini bisa mengganggu fungsi otak jika terlalu banyak dikonsumsi oleh seseorang. Efek samping yang lebih berat adalah bisa mengakibatkan kejang hingga gangguan genetik lainnya.

 

Sumber

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3129336/manfaat-dan-bahaya-minuman-bersoda-bagi-kesehatan-tubuh-anda

https://www.suara.com/health/2020/12/24/174322/manfaat-minuman-soda-bagi-tubuh-redakan-sembelit-dan-sakit-perut?page=all